4 Media Untuk Terapi Kenari Mabung.

Terapi burung kenari pada masa mabung - Burung yang sedang mengalami masa mabung (moulting) yaitu proses pergantian bulu. Kondisi ini menjadikan burung sangat rentan menjadi stres. Burung harus terjaga kondisinya  agar proses pergantian bulu berjalan dengan baik. Masa mabung ini pun dialami oleh  burung kenari. 
4 Media Untuk Terapi Kenari Mabung.
kenari mabung

        Pada saat kenari mabung, kenari memerlukan asupan pakan yang  mengandung protein tinggi. Asupan pakan ini untuk mempercepat proses meluruhkan bulu–bulu lama dan membantu pertumbuhan bulu baru. Agar burung kenari terhindar dari  stres bisa melakukan terapi mainan. Yaitu dengan memanfaatkan beberapa media untuk mainan burung kenari. Apa sajakah media yang bisa dimanfaatkan untuk terapi itu?
        Seperti halnya pada burung paruh bengkok, kenari juga sering menghabiskan waktunya untuk bermain dengan benda-benda yang ada. jika tidak tersedia media untuk bermain maka biasanya menggunakan wadah pakan, jeruhi sangkar atau plangkringan dalam sangkarnya. Cara ini dapat membantu mengurangi stres pada burung kenari mabung.

Media Untuk Kenari Mabung

Berikut ini beberapa media yang bisa digunakan untuk terapi kenari mabung.

1. Potongan kertas koran

        Taruh potongan kertas koran di dasar sangkar. Biasanya potongan kertas koran itu akan digunakan kenari sebagai mainan. Tentu saja cara ini akan membuat sangkar menjadi lebih cepat kotor karean kertas akan berserakan. Jika tidak ada kertas koran bisa juga menggunakan kertas tisu.

2.Tulang sotong


4 Media Untuk Terapi Kenari Mabung.

                Sotong kering selain bermanfaat sebagai sumber mineral (mengandung kalsium dan fosfor). Tulang sotong juga bisa menjadi media untuk mainan yang menghibur kenari saat masa mabung. Biasanya burung kenari akan menggigit-gigit bagian tepi tulang sotong yang keras. Menggunakannya dengan cara menggantung tulang sotong pada bagian pinggir sangkar.

3. Bahan sarang

                Bahan-bahan sarang dari beberapa bahan seperti sabut kelapa, serat nanas, serat nilon, atau rumput kering. Ini bisa digunakan untuk membuat sarang burung ketika hendak bertelur. Namun bisa juga menjadi media untuk bermain si burung.
                Kenari mabung senang bermain-main dengan bahan sarang ini. Kesibukannya bermain dapat membantu mengurangi stres serta membuatnya terus aktif. Caranya adalah dengan menebarkan bahan-bahan sarang tersebut di dasar sangkar secukupnya saja. Past, nanti bahan-bahan sarang akan dimain-mainkankan kenari kenari.

4 Media Untuk Terapi Kenari Mabung.
bahan sarang kenari

4. Sumbu kompor

       Sumbu atau tali kompor juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi stres saat burung kenari mabung. Caranya mudah saja, cukup potong tali sepanjang kurang lebihr 10 – 20 cm. Selanjutnya, tali kompor tersebut digantungkan di kandang ternak kenari
          Maka burung kenari akan langsung bermain-main dengan menarik-narik helai demi helai tali kompor tersebut. Hal yang terlihat sepele ini terbukti mampu membantu burung kenari untuk tetap aktif dan tidak stres saat sedang mengalami masa mabungnya.

           Inilah sedikit ulasan tentang terapi untuk burung kenari yang sedang mengalami masa rontok bulu atau mabung.  Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi untuk terus melestarikan dan membudidayakan burung kenari. Terima kasih.
Blogger
Disqus

No comments